Operasi Transplantasi Ginjal

Pada tanggal 31 Maret 2012 saya mendapat kehormatan untuk menghadiri operasi transplantasi ginjal di Rumah Sakit PGI Cikini atas undangan seorang teman, Dr. Egi Manuputty, Sp.U. Operasi dijalankan Sabtu pagi yang cerah, setelah makan pagi bersama dokter dan perawat di ruang makan Urologi. Menurut Dr. Egi, sarapan bersama ini adalah tradisi, tetapi menurut saya, sarapan bersama ini adalah ide yang jenius. Operasi transplantasi membutuhkan sebuah kerjasama yang apik dan efektif antara setiap elemennya dan sarapan bersama adalah salah satu pengikatnya. Hubungan kekerabatan antar anggota tim transplantasi ini terasa seperti keluarga, dan sudah seharusnya seperti itu. Komunikasi dan pola kerjasama ini bukanlah sebuah produk instan, tapi sudah melalui tempaan masalah dan pengalaman bertahun-tahun di ruang operasi. 


Operasi transplantasi di RS ini dapat diibaratkan sebagai sebuah menu utama. Sebelumnya, para anggota timnya melakukan operasi minor maupun asistensi kasus yang ringan sebagai warming up, jika saya dapat mengatakan begitu. Seluruh hidangan pembuka dimulai serentak pada pukul 07.00 dan begitu berakhir, masing-masing anggota bersiap-siap untuk melakukan operasi transplantasi. Seluruh tim melakukan briefing singkat mengenai kasus: keadaan donor dan resipien, pilihan ginjal, metode untuk mengambil ginjal dari pasien, dan perkiraan lama operasi. Sebuah tradisi indah lain dari RS PGI Cikini adalah berdoa bersama sebelum operasi, dengan dipimpin oleh nurse utama, sejenak seluruh tim berdoa untuk kelancaran operasi dan kesehatan sang donor maupun resipien.


Dan operasi pun dimulai tepat pada pukul 09.00 di Operatie Kamer (OK) 5, dilakukan operasi pengambilan organ dari donor dan di OK 4 dilakukan operasi pembukaan rongga perut dari resipien. Dengan memulai bersamaan, cold time atau durasi dingin dari ginjal dapat diminimalisir sesedikit mungkin untuk menghindari kerusakan akibat proses iskemia. Operasi pada OK 5 dipimpin oleh Dr. David Manuputty, Sp. B, Sp.U (K) dengan asisten 1 Dr. Egi Manuputty, Sp.U. Donor diposisikan berbaring miring searah dengan ginjal yang ingin untuk didonorkan, diiris dari antara rusuk ke-11 dan ke-12 ke arah umbilikus hingga beberapa sentimeter dari otot rectus abdominis. Setelah insisi lapis demi lapis, ditemukan fascia Gerota, kemudian dibuka, disingkirkan lemak perirenal dan kelenjar adrenal, dan diidentifikasi vena dan arteria renalis (untuk mengkonfirmasi posisi vasa dari arteriografi). 
Tiga puluh menit terakhir dari proses ini dilakukan persiapan wadah untuk memperfusi organ dengan hystidine tryptophan ketoglutarate (HTK), yaitu cairan isotonis untuk menyingkirkan darah donor terutama leukosit yang membawa HLA dari ginjal, dan PZ (cairan isotonis) beku dan cair. Wadah ini diisi dengan PZ beku terlebih dahulu dan kemudian dimasukkan PZ cair untuk menjaga ginjal dalam keadaan hipotermia (4 derajat Celsius). Cairan HTK juga dipersiapkan dalam keadaan dingin dan dipasangkan dengan infus set sebagai pendingin organ dari dalam. Tujuan utama dari pemberian cairan ini adalah meminimalisir metabolisme seluler dari ginjal, sehingga ginjal yang hipoksia ini tidak melakukan respirasi anaerobik dan melepas sitokin inflamasi yang dapat merusak fungsi ginjal tersebut.





Setelah persiapan perfusi sudah selesai dan stopwatch disiapkan, arteri dan vena renalis diklem dan dipotong, kemudian dilakukan hitung maju untuk memperkirakan cedera iskemik yang didera oleh ginjal. 
Arteri dan vena yang dipotong diukur agar tidak terlalu dekat dengan aorta abdominalis, sedangkan ureter  dipotong pada perpotongan dengan arteri iliaka komunis. Ginjal yang sudah bebas dibawa oleh operator sendiri ke wadah perfusi dan segera dialiri dengan cairan HTK sampai cairan tersebut habis. Perlahan ginjal yang awalnya berwarna pink berubah menjadi putih pucat dan PZ yang digunakan untuk merendam ginjal berubah warna dari jernih menjadi merah. Pada saat yang sama, fossa iliaka resipien sudah terbuka dengan arteri dan vena iliaka eksterna sudah bebas dan siap untuk disambungkan dengan ginjal dari donor. 



Segera setelah cairan HTK habis, ginjal ditransfer ke OK 4 untuk segera dilakukan anastomosis atau penyambungan pembuluh darah. Pembuluh pertama yang disambung adalah vena renalis, yang disambungkan dengan vena iliaka eksterna, kemudian dilanjutkan dengan penyambungan arteri renalis dengan arteri iliaka eksterna, dan yang terakhir, ureter dengan kandung kemih. Ureter disambungkan dengan setelah urin sudah diproduksi oleh ginjal. Warna ginjal pun berangsur berubah setelah arteri disambungkan, dari putih pucat mejadi pink. Pada saat ini, di ruangan OK 5 dilakukan penutupan arteri-vena renalis donor dan rongga perut dari donor oleh asisten 1.


Proses penyambungan ureter sedikit berbeda dengan proses penyambungan pembuluh darah. Pada penyambungan ini, otot detrusor dari kandung kemih sedikit dibuka dan disisihkan sekitar 3 cm, sampai ditemukan permukaan mukosa. Panjang ureter pun diukur agar dapat dipotong sesuai jarak antara ginjal dan kandung kemih. Tindakan ini dilakukan agar tidak terjadi pelengkungan saluran atau kinking, yang mengakibatkan hambatan dalam penyaluran urin. Setelah itu, mukosa kandung kemih dipenetrasi dan segera disambungkan dengan ureter. Otot detrusor yang disisihkan di sekitar penyambungan dijahit kembali untuk mempererat diameter sambungan agar tidak terjadi arus balik urin dari kandung kemih kembali ke ginjal. Arus balik ini dapat menyebabkan kerusakan fungsi maupun bentuk dari ginjal baru tersebut. 
Dengan berakhirnya penyambungan ureter, maka (hampir) selesailah acara operasi transplantasi ginjal ini. Langkah terakhir adalah penutupan lapisan rongga perut dari resipien dan menunggu kembalinya kesadaran resipien dari pengaruh anestesi, sebelum pasien ditransfer ke ruang recovery room.


Setelah operasi transplantasi ini, saya dan seluruh tim transplantasi melakukan makan siang bersama di ruang makan. Sembari menyantap hidangan, kami melakukan diskusi ringan tentang operasi yang sudah dilakukan dan kasus yang akan ditangani pada jadwal berikutnya. Pada pukul 14.00, seluruh acara sudah selesai dan ditutup dengan visite staf Urologi ke bangsal pasien untuk memonitor keadaan pasien dan saya pulang dengan membawa bekal berharga untuk saya bagikan kepada anda semua. Saya ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada Dr. Egi Manuputty, Sp.U dan Dr. David Manuputty, Sp.B, Sp.U (K) atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mempelajari lebih dalam tentang transplantasi organ. Semoga ilmu ini dapat menjadi bekal saya di kemudian hari dan inspirasi teman semua.  

Komentar

  1. Transplantasi ginjal di indo udh dimulai sejak tahun brp MIG?

    BalasHapus
  2. Berdasarkan cerita yang saya dengar, Dr David dari RS Cikini ini sudah memulai dari akhir '70an.

    BalasHapus
  3. Selamat Dr. MIG Bismono, untuk pengalaman yang telah Anda ikuti, olah dan kemudian dibagian dalam penyajian yang sangat human dan edukatif!! Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi komunitas yang memerlukan informasi tersebut.

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak Dr. Egi. Tanpa bantuan anda saya tidak akan bisa mendapatkan pengalaman berharga ini :)

    BalasHapus
  5. DIMANA DAN BAGAIMANA CARA SERTA PROSEDUR UNTUK MENDAFTAR SEBAGAI CALON DONOR GINJAL?
    Saya siap mendonorkan ginjal saya,
    ZAHRA, 22 th, Wanita, TB: 158 Cm, BB: 48 Kg, Golongan Darah: A+,
    Yogyakarta, , Tidak Merokok, Tidak Minum-minumam keras (No Alcoholic),
    Tidak mengkonsumsi Narkoba (No Narkoba), bebas dari penyakit kelamin /
    sejenis (sehat jasmani n rohani, Ada Hasil Test Kesehatan (Lab.)
    terbaru, creatinin 0,7 (bagus) 085602136860 email : azaliazahra4@gmail.com
    mohon petunjuk prosedurnya

    BalasHapus
  6. saya laki2 usia 30 thn golongan darah A,saya berniat mau mendonorkan ginjal saya demi keluarga dan masa depan anak saya.jika ada yang minat / membutuhkan silahkan hubungi saya di nope 087718856664 atau via email di cacusetiawan@yahoo.com / setiawancacu03@gmail.com....saya sangat mengharapkan sekali bantuan dari anda

    BalasHapus
  7. saya laki2 usia 30 thn golongan darah A,saya berniat mau mendonorkan ginjal saya demi keluarga dan masa depan anak saya.jika ada yang minat / membutuhkan silahkan hubungi saya di nope 087718856664 atau via email di cacusetiawan@yahoo.com / setiawancacu03@gmail.com....saya sangat mengharapkan sekali bantuan dari anda dan saya akan selalu siap kapanpun anda butuhkan.

    BalasHapus
  8. saya laki2, 32 tahun, gol darah A, muslim. merokok, no alkohol, no narkoba. jika ada yg membutuhkan donor ginjal bs hubungi via email : yudikurnia1@gmail.com
    kepada Dr. MIG Bismono, Dr. Egi Edward Manuputty

    BalasHapus
  9. Artikel yang sangat bagus, pandangan mata dari ruang operasi, dengan foto-foto realistik yang informatif. Terima kasih telah berbagi.
    Sebaliknya, bukan pada tempatnya untuk menawarkan diri sebagai donor ginjal di blog ini.

    BalasHapus
  10. Saya Taufan laki2 25 tahun membutuhkan bantuan atau sekedar informasi..ibu saya didiagnosa gagal ginjal sekarang sudah mulai dialisis,saya ingine mendonorkan ginjal saya hanya keterbatasan biaya menjadi kendala utama..barangkali rekan2 ada yang tau,adakah yayasan yang bisa memberi solusi mengenai permasalahn saya?
    terima kasih

    BalasHapus
  11. mohon informasinya ke taufanazkia@gmail.com atau by phone ke085216624943

    BalasHapus
  12. Saya mau donor ginjal saya,bagi yang membutuhkan saya siap jadi donor ginjal,golongan darah O,tlp 082284358196

    BalasHapus
  13. Bagi yang siap B + atau O ( harus tes kecocokan ). Diutamakan B. Pm hendradr7@gmail.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya siap. sudah tes. dan hasilnya bagus. serius. nope. 081271465407

      Hapus
    2. Anda siapa memasukan nomor HP sy?

      Hapus
  14. saya siap donor ginjal golongan darah O+,wanita,30 thn sehat jasmani dan rohani, HASIL lab terbaru bagus minat hubungi 087883425241

    BalasHapus
  15. saya membutuhkan ginjal untuk ayah saya yang bergolongan darah A, yang bersedia mendonorkan ginjalnya, bisa kontak saya di 081282483365

    BalasHapus
  16. saya mau donorkan ginjal saya golongan darah O+ untuk bayar hutang2 keluarga saya bagi yang minal hubungi 081293137585 email andrian.uye49@gmail.com.trimakasih

    BalasHapus

  17. menyumbangkan ginjal saya kepada pasiennya yang juga membeli teman saya sendiri, dan dia membayar sejumlah besar uang di muka dan membuktikan semua keraguan salah jadi saya
    berjanji padanya saya akan melakukan yang terbaik untuk mengiklankan pekerjaan baiknya melalui Facebook, pegangan twitter, OLX, Google dll hanya untuk membawanya donor ginjal,
    silakan email "doctor Darrell" di maxhospital94@gmail.com dan biarkan dia tahu niat Anda untuk menyumbangkan ginjal demi uang, ia mendapat dukungan dari National
    Kidney Foundation Body yang meningkatkan transaksi secara penuh, sekali lagi bertemu dengan Dokter Darrell Allen di maxhospital94@gmail.com dan di sini Dr.
    Darrell Allen Telephone Whatsup app no: +919148549270

    BalasHapus
  18. Saya ingin berterima kasih kepada Dokter medis yang luar biasa dalam pribadi Dokter Darrell Allen yang telah membuat keluarga saya dan saya bangga dengan kepercayaan dan urgensi, dia membeli
    dari salah satu ginjal saya untuk pasiennya dengan jumlah uang yang luar biasa dalam dolar setelah banyak dokter menampar saya, saya menemukan alamat emailnya di
    internet sebagai dr.allen04@outlook.com diterbitkan oleh satu James dan Ruth berterima kasih kepadanya dan memberi tahu dunia tentang bagaimana dia datang menyelamatkan mereka secara finansial
    sebagai hasil dari membeli ginjal mereka tanpa stres, saya segera menerapkan melalui email dan dalam waktu kurang dari seminggu saya memenuhi semua persyaratan dan separuh saya
    uang seperti mimpi ketika datang ke rekening bank saya sebelum transplantasi, saya mendorong Anda untuk menghubungi Dokter Darrell Allen
    maxhospital94@gmail.com untuk kedahsyatan keuangan Anda untuk datang seperti tambang beberapa bulan yang lalu. Saya berjanji untuk melakukan ini ketika saya akhirnya skala
    melalui dan email melalui: maxhospital94@gmail.com m dan Dr. Darrell Allen Telephone Whatsup app no: +919148549270 Saya adalah Sophia.A Dari Singapura.

    BalasHapus

  19. Apakah Anda ingin membeli ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena
    keuangan rusak dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami
    hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah
    Dokter rick am Nephrologist di rumah sakit apollo yang berbasis di india.
    Klinik kami adalah spesialis Bedah Ginjal dan kami juga menangani
    membeli dan transplantasi ginjal dengan hidup yang sesuai
    penyumbang.
    jika Anda tertarik untuk menjual kebaikan Anda, silakan kirimkan kepada kami
    mengikuti melalui email
    NAMA LENGKAP ANDA:
    ADDRESS (hanya kota / provinsi - bukan jalan):
    USIA:
    SEKS:
    GOLONGAN DARAH:
    NOMOR HANDPHONE:
    Kami berlokasi di UAE, INDIA dengan perwakilan global di sekitar
    DUNIA. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, silakan tidak
    ragu untuk menghubungi kami melalui: maxhospital94@gmail.com; whatsup +919148549270

    BalasHapus
  20. halo atas perhatian Anda, tolong nama saya Dr. RIO ROBSEN. Am seorang Phrenologist di Rumah Sakit Apollo. Rumah Sakit kami khusus di Bedah Ginjal
    dan kami juga berurusan dengan Pembelian dan Transplantasi ginjal dengan Donor yang sesuai. Kami Terletak. in.Indian, Jika Anda tertarik untuk menjual
    atau Membeli Ginjal, jangan ragu untuk Menghubungi Kami Via email: maxhospital94@gmail.com Nomor Ponsel / Whatsapp + 919148549270: yang sesuai, kami
    menawarkan 2 crore rupe India atau 299.000 USD untuk setiap donor dan 50% dari jumlah akan dibayarkan sebelum operasi dan 50% setelah operasi.

    BalasHapus
  21. hubungi kami hari ini melalui email kami doctorelviswhyte@gmail.com atau whatsapp us +2347083629144 jika Anda ingin menjual ginjal Anda untuk sejumlah besar uang.

    BalasHapus
  22. hubungi kami hari ini melalui email kami doctorelviswhyte@gmail.com atau whatsapp +2347083629144 jika Anda ingin menjual ginjal Anda untuk sejumlah besar uang

    BalasHapus
  23. Welcome to Apollo Hospital, Specialist hospital that buy kidney.
    Do you wish to sell your kidney in exchange of money? If yes.
    Then contact today to get a reliable and good transaction.
    Contact via below information Immediately
    email: apollohospitalkidneydep@gmail.com
    WhatsApp number: +918122208392
    Call Number +6285692408306

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesian Renal Registry dan United States Data Renal System